Pentingnya Media Sosial Bagi Pebisnis
11 July

Pentingnya Media Sosial Bagi Pebisnis

Masyarakat setempat yang sedang bekerja di depan komputer melihat ‘tweet’ tertarik dan menjadi tertarik untuk mencobanya. Strategi panggang dan ‘tweet’ ini terbukti jitu, banyak orang berbondong-bondong ke toko roti untuk memenuhi rasa penasaran mereka. Beberapa perusahaan tak memiliki akun Twitter karena mereka tak ingin membuat forum publik untuk menampung keluhan. Dengan cepat, toko roti ini menjadi bisnis pemenang penghargaan.

Ini adalah contoh inspirasi yang bagus dari penggunaan media sosial yang terampil sebagai alat pemasaran. Namun, pakar media sosial dari Universitas Sydney, Laurel Papworth, mengatakan, strategi pemasaran yang hanya menggunakan Twitter atau Facebook tak akan berumur panjang.

“Perusahaan menggunakan media sosial untuk menyebarkan informasi seolah-olah itu adalah media tradisional seperti stasiun televisi atau surat kabar,” katanya. Agar benar-benar efektif  media sosial harus menjadi komunikasi dua arah.

 

Menurut Laurel Papworth, ada lima pertimbangan utama dalam menggunakan media sosial:

  1. Tahu tujuan dan nilai media sosial seperti Twitter dan Facebook dan memahami mengapa Anda menggunakannya;
  2. Buat strategi pemasaran dan layanan pelanggan terpisah. Orang-orang pemasaran dan PR (humas) tak boleh menjawab pertanyaan pelanggan.
  3. kenali sasaran Anda (misalnya, apakah pensiunan atau remaja.
  4. Selalu ada di mana-pun pelanggan Anda berada (misalnya jika mereka di Facebook, maka Anda juga harus berada di situ.
  5. Pemasaran dan PR terbaik adalah layanan pelanggan yang fantastis.

Demikian artikel tentang pentingnya media sosial, Semoga bermanfaat untuk Anda.